RAGAM CERITA

15 Maret 2009

Buat Friendster-mu di Blogger.com!

3CHOOSE mau curhat nieh! Sebenarnya 3CHOOSE tidak punya tulisan atau ide-ide kreatif yang mau dibagi. Soalnya otak ini masih kosong! Tidak ada hal yang ingin dipikirkan selain nilai ulangan yang 3CHOOSE semakin jelek. Jadi kali ini 3CHOOSE mau curhat aja dech!

Temen-temen 3CHOOSE (The Painkiller) biasanya kalo nge-net tuch sukanya buka-buka friendster (disingkat: “fs”). Friendster adalah sebuah situs jejaring sosial. Seperti halnya Facebook. Maksudnya situs ini yang bertujuan mencari teman dari seluruh penjuru dunia. Friendster atau fs mempunyai tugas memfasilitasi orang untuk bisa saling bertemu dan berkomunikasi dalam menjalin hubungan sosial. Sedikit info tentang Friendster, kebanyakan pendaftarnya adalah orang Indonesia, Filiphina dan Thailand. Termasuk temen-temen 3CHOOSE yang notabenenya masih pelajar di bawah umur. Padahal Friendster itu ditujukan buat orang-orang yang sudah cukup umur. Alias 17 tahun ke atas. Temen-temen 3CHOOSE biasanya menyertakan umur mereka tidak sesuai dengan umur sebenarnya. Uhhh… gawat nieh! Udah mulai menambah umur!

Temen-temen 3CHOOSE biasanya menambah teman atau meng-edit tampilan ketika mereka membuka situs jejaring ini. Temen-temen juga membalas komentar yang mereka terima. Kadang mereka suka tersenyum atau bahkan heboh sendiri ketika membaca komentar dari teman yang lain. Inilah kelebihan fs. Yaitu adanya sarana untuk saling berkomentar atau bertukar informasi. Teman-teman sering membicarakan masalah sosial, sekolah atau seputar TI di Friendster.

3CHOOSE pun ikut-ikutan punya profile di friendster. Hehehehe…. Setiap hari ada waktu 3CHOOSE selalu menjengunk Fs-ku. Mungkinkah ada komentar dari temen-temen atau sekedar ada yang menambah sebagai teman. Pertama kalinya 3CHOOSE merasa sangat senang memiliki banyak teman. Akan tetapi semakin hari, semakin bosan dengan tampilan Fs yang itu-itu aja. Beberapa kotak yang disediakan oleh pihak Fs, membuat aku jenuh. Sehingga 3CHOOSE sedikit memberikan modifikasi pada FS 3CHOOSE. Dengan mengunduh template dari situs-situs tertentu. Selesai! Fs-ku nampak berbeda dan lebih berwarna. Akan tetapi rasa bosan itu semakin menjadi. Pasalnya uangku dihabiskan sebagian besar hanya sekedar mengubah tampilan FS. Begitu mengesalkan! Selain itu temanku terhitung sudah mencapai 100 lebih. Tapi 3CHOOSE kurang waktu untuk menyambung tali silahturahmi.

Akhirnya 3CHOOSE meminta bantua mbah Google untuk mencari inspirasi baru. Nah! Ketemu yang namanya Blogger.com! Bagaikan menemukan permata di tengah lautan 3CHOOSE mencoba PDKT. Setelah itu 3CHOOSE mendaftar sebagai anggota Blogger.com. Alhasil 3CHOOSE memiliki Blog untuk yang pertama dan satu-satunya yang 3CHOOSE miliki.

3CHOOSE!!!Sekali Dan Satu-satunya…

Hehehehehe… Judul yang terkesan norak abis dan tidak menjual sama sekali. Terkesan angkuh; Tapi gimana? Adanya Cuma itu. Wong inikan blog 3CHOOSE satu-satunya dan hanya sekali daftar hehehehe…. Sebagai Newbie sampai saat ini 3CHOOSE masih mendalami keistimewaan yang tersimpan dalam Blogger.com. 3CHOOSE rajin menjelajahi mbah Google mencari alat-alat tambahan untuk mempercantik blog. Mulai dari menambahkan jam, animasi sampai dengan fasilitas chatting.

Semenjak menemukan keasyikan di Blogger.com 3CHOOSE meninggalkan FS. Huhuuhuh sedih ya…! 3CHOOSE hanya menggunakan FS sebagai tampilan profil saja. Agar temen-temen lebih deket sama 3CHOOSE.

Setelah kupikir-pikir Blogger.com itu lebih asyik daripada FS. Kita bisa membuat FS kita sendiri di Blogger.com. Coba pikirkan! Di Blogger.com kita bisa memilih layout sesuai keinginan kita. Dengan sedikit bantuan ilmu HTML, kita bisa mengubah Blog kita sebagai rumah yang nyaman. Sedangkan di dalam FS kita merasa dikotak-kotakan. Alias tidak memiliki kebebasan yang luas. Meskipun hanya beberapa master yang bisa mengubah fs dengan leluasa.

Blog juga tak kehilangan teman! Bahkan bisa menambah teman. Caranya dengan menyertakan gadget pengikut atau c-box. Gadget ini dapat menjalin hubungan dengan sesama blogger atau netter. Lebih menarik bukan. Blogger.com juga memiliki jaringan dengan blog lain. Selain itu Blogger.com sangat mudah penggunaannya. Sehingga sangat dianjurkan bagi pemula. Dengan Nge-blog kita bisa menambah teman dan mencurahkan segala isi pikiran kita. Contohnya artikel ini. Kalau kita memiliki masalah coba saja untuk berbagi dengan Nge-blog. InsyaAllah Blogger lain akan merespon atau bahkan memberikan solusi yang tepat.

Secara keseluruhan dengan Nge-blog kita bisa mempelajari Web dengan luas. Tidak hanya sekedar menambah teman seperti FS. Kita bisa belajar nulis, menjalin hubungan dengan blogger lain atau bereksperimen dengan Blog kita. So, kenapa mesti takut pindah Nge-Blog! Happy Blogging!