RAGAM CERITA

8 Februari 2009

Apakah HOAX Itu? (Ilmu Berinternet)

"Hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar. Banyak beredar melalui pesan email dan fasilitas chat, sehingga orang orang yang kurang waspada akan menelan mentah mentah suatu informasi tanpa melakukan chek & rechek.

Hoax bisa menyebabkan pengaruh yang sangat buruk, karena dengan informasi yang menyesatkan bisa menimbulkan bencana bagi orang lain." Dikutip Dari id.Wikipedia

Jadi Hoax adalah sebuah berita rekayasa yang sengaja dibuat untuk mencari sensasi. Biasanya untuk menaikkan popularitas blog atau website. Namun kandungan materi yang dibahas hanyalah bullshit (omong kosong) belaka. HOAX temasuk informasi berbahaya dalam dunia internet. Selain itu, HOAX bisa dibaca, diterima dan dipercaya oleh siapa saja. Mulai dari pelajar sampai dengan para peneliti.

Truz, bagaimana kita mengenal HOAX? Biasanya HOAX dikirim melalui via e-mail. Layaknya spam, jadi sewaktu dibuka, ada e-mail dengan judul menghebohkan. Misalnya berita dengan judul seperti berikut “Radiasi Sinar Monitor Ditemukan Dapat Menyebabkan Kanker”. Kemudian berita itu dibawakan dengan bahasa yang sok analitis, disertai bukti rekayasa atau statement dari sebuah perusahaan terkemuka, misalnya “Setelah diselidiki, perusahaan monitor terkemuka di Amerika serikat Dell …. Mengungkapkan bahwa beberapa radiasi monitor dapat menyebabkan serangan kanker … bla bla bla bla.” Hal tersebut merupakan bentuk umum HOAX. Namun HOAX juga dapat diposting pada website tertentu. Sehingga yang diinginkan pembuat HOAX adalah para pembaca tertarik untuk mengunjungi website tersebut.

Para pembuat HOAX merasa puas apablia pengunjung internet (netter) merasakan kekacauan. Apalagi jika HOAX yang di buat masuk ke dalam media TV atau dunia internasional. Salah satu HOAX yang paling membuat para penduduk dunia resah adalah isu tentang hari kiamat yang jatuh pada Bulan Mei, 2008. Padahal kita sebagai mahluk beragama tau bahwa kiamat hanya Allah yang tau.

Untuk mengantisipasi HOAX sebaiknya kita tidak mudah mempercayai sebuah informasi, baik itu di media internet atau yang lainnya. Sepantasnyalah kita harus berpikir skeptis dan kritis. Jangan hanya jadi orang yang mau diisi berita bualan. Jadi orang yang selalu waspada!


Waspadalah!!!
WASPADALAH!!!