RAGAM CERITA

15 Februari 2009

Overchat?

Mungkin ada beberapa kawan yang masih asing mendengar istilah ini. Ya, Overchat! Kadang seseorang mendambakan seorang teman di dunia maya atau internet world. Banyak fasilitas yang dapat kita gunakan untuk berhubungan dengan orang satu sama lain. Seperti Yahoo Massenger atau MIRC. Mulanya kedua Program tersebut memiliki tujuan awal yang sangat mulia. Yaitu menyalurkan informasi dan juga menyambung tali silahturami antar netter (Sebutan warga penghuni internet). Akan tetapi aktivitas yang sering kita sebut Chatting di internet ini dapat mendatangkan masalah yang cukup berarti. Untuk itu mari kita membahas tentang masalah overchat.

Overchat menurut 3CHOOSE adalah aktivitas komunikasi melalui internet yang dilakukan seseorang atau kelompok dengan lawan bicaranya secara berlebihan tanpa mengenal waktu dan keadaan. Keadaan ini berupa berada di depan monitor computer selama berjam-jam untuk melakukan chatting dengan seseorang. Pengguna (User) akan meluangkan sebagian waktunya hanya untuk berkomunikasi dengan seseorang yang belum tau secara pasti keadaannya. Sangat kurang waktu yang ia luangkan untuk melakukan hal lain di luar ruangan ataupun yang bersifat olah gerak. Selain olahraga jari untuk memencet tombol keyboard ataupun HP. Sayangnya banyak User yang tidak menyadari dirinya termasuk overchat.


Senang rasanya mendapatkan banyak kawan di dunia maya. Eiitt.. tunggu dulu kita mesti hati-hati. Biasanya kita bertemu dengan seseorang melalui IRC (Internet Relay Chatting). Setelah mengenal fitur fasilitas tersebut tak sedikit dari kita yang merasa ketagihan dan rela memelototi layar komputer selama berjam-jam alias Overchatter (Sebutan untuk orang yang suka chatting berlebihan di internet)

Bagaimana ciri-ciri overchatter? Biasanya overchatter memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Tidak mau melepaskan tangan dari Keyboard atau Keypad. Alasannya mereka merasa tidak berdaya tanpa keyboard. Hehehehehe....
  2. Memakai sebagian besar waktunya untuk chatting. Yaitu kurang lebih 12 jam dalam sehari atau lebih.
  3. Lebih sering menggunakan singkatan yang dalam setiap tulisan. Karena dalam chatting lebih banyak menggunakan singkatan. Seperti bgm(bagaimana), q (aku), u (anda), sepertix (imbuhan x untuk –nya; sepertinya)

Selain itu ada beberapa efek negatif dari overchatting, diantaranya:

1. Mengabiskan uang (Kecuali hotspot). Karena aktivitas ini memerlukan konektivitas internet.

2. Kemampuan lisan sulit berkembang.

3. Badan pegal-pegal dan kurang berolahraga

4. Lupa atau jarang makan dan tidur

5. Tidak memperdulikan keadaan orang di sekitar atau dunia yang lebih nyata.

Nah, setelah kita ketahui tentang overchatting ada baiknya kita menghindari aktivitas tersebut. Yaitu dengan cara menyadari bahwa apa yang kita hadapi di dunia nyata lebih penting dari sekedar bebicara dengan orang yang kita tidak kenal. Terima Kasih semoga Opini tak berarti ini dapat diterima!