RAGAM CERITA

16 Januari 2009

Memodifikasi Blogger Tips Dasar (Apakah Widget Itu?)

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam memodifikasi blog kita. Sejumlah blog ditambahkan beberapa aplikasi yang sangat membantu pengunjung. Misalnya dengan aplikasi newsreel atau berita kilat yang menyampaikan informasi terhangat dari seluruh dunia. Jenis-jenis aplikasi ini sering disebut widget. Saat ini banyak situs yang telah menyediakan jasa widget gratis. Salah satunya pihak blogger sendiri.

Setelah memiliki akun blogger pertama kali, mungkin anda bertanya-tanya mengapa blog saya kosong? Di situlah anda harus mencoba widget yang telah disediakan oleh blog. Cara pemasangan widget pun mudah. Yang anda harus lakukan adalah sebagai berikut:

1. Log in / masuk ke akun anda, tepatnya pada dashboard.


2. Kemudian pilih “Layout

3. Disana anda akan menemukan gambaran latar blog anda. Kemudian klik “get gadget”.

4. Maka akan muncul window baru yang berisi beberapa opsi. Silahkan anda memilih aplikasi yang cocok berdasarkan blog anda. Sesuaikan dengan tema dan profil anda.

5. Ikuti instruksi lebih lanjut dari penyedia gadget

Apabila anda telah selesai memilih gadget maka aplikasi tersebut akan terpasang

dengan ditandai munculnya judul aplikasi pada halaman latar. Anda pun bisa mengubah letak gadget yang anda pilih. Tinggal lakukan drag n drop (menekan tombol mouse dalam waktu tertentu kemudian lepaskan) pada daerah bergaris putus-putus. Pada awalnya daerah yang bisa anda jajaki diantaranya diatas dan dibawah artikel, di sebelah kanan blog (sidebar), dan juga di bawah judul. Anda pun juga bisa mengubah elemen utama / setting halaman utama.

Bagian yang paling saya sukai di sini yaitu aplikasi HTML yang mengikut sertakan fungsional pihak ke tiga. Aplikasi ini sangat menyenangkan. Karena kita dapat men-input-kan script serta kode lain yang dapat kita buat atau kita download. Sehingga mempercantik blog kita.


Selamat berkarya!!!