RAGAM CERITA

16 Januari 2009

Berhati-Hatilah Memilih Bergabung Dalam Sebuah Grup atau Forum

Di dunia maya, seringkali kita jumpai banyak situs yang membicarakan sebuah masalah dalam kehidupan sehari. Situs ini seing kali disebut forum. Forum adalah sebuah wadah di mana banyak orang dan berkumpul saling bertukara pandangan. Salah satu contoh konkret yaitu forum yang sering kita kenal adalah Yahoo! Groups. Setiap orang bisa bergabung kemudian dapat mengajukan masalah yang akan dibahas.


Akan tetapi beberapa Forum mungkin tidak menyertakan bahwa setiap anggota akan mendapat e-mail dari anggota lain. Jadi apabila ada seorang anggota mengirimkan e-mail, maka akan terkirim pada seluruh anggota forum. Hal ini tampak biasa saja. Akan tetapi bayangkan apabila terdapat beberapa ribu orang atau bahkan juta dalam forum tersebut. Ga’ kebayang khan akan mendapat e-mail yang begitu banyak. Hal ini merupakan dampak apabila kita masuk (mendaftar) ke dalam forum seperti ini. Karena secara otomatis mesin akan mengirimkan e-mail ke pada alamat kita. Sehingga apabila kita masuk ke dalam akun e-mail, akan tampak beratus-ratus e-mail dari forum yang mungkin berisi hal yang tidak penting atau spam. Yang membuat lebih parahnya lagi, kita tidak memiliki akses untuk keluar…. Uh gawat nih. Padahal alamat e-mail memiliki fungsi yang sangat penting layaknya rumah kita. Kalau seperti ini rumah kita seperti mendapat kiriman sampah dari TPS (tempat pembuangan sampah). Hal ini terjadi ketika saya masuk ke dalam forum SUN***N.

So, untuk itu kita harus berhati-hati. Jangan terlalu mudah untuk percaya pada suatu forum walaupun mereka menawarkan sebuah informasi yang sangat-sangat dibutuhkan. Apabila sudah kepepet, ya… bagaimana lagi tidak ada cara lain selain membuat alamat e-mail pancingan. Yang dimaksud adalah alamat e-mail yang kita buat hanya untuk menampung spam setelah itu kita buang. Dengan kata lain tidak dipakai sebagai rumah utama kita.


Jadi, antisipasi terakhir adalah dengan membaca segala peraturan dalam sebuah grup agar kita tidak menyesalinya dikemudian hari.