RAGAM CERITA

7 Juli 2011

Tutorial Dasar Bermain Skateboard

Belajar skateboard memang sangat mengasyikkan. Olahraga yang satu ini mulai banyak digemari muda-mudi tanah air. Nama-nama seperti Tony Hawk, Bam Margera dan pro-skater yang lain tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga skater Indonesia.

Bagi anda yang baru saja memulai belajar bermain skateboard, tidak ada salahnya memperhatikan informasi berikut ini:
1. Hal yang anda butuhkan: Papan skate yang nyaman (baca penjelasan lebih lanjut), sepatu olahraga (biar kaki anda tidak lecet), dan mental.

2. Tujuan para skater pada umumnya adalah
menguasai sebanyak-banyaknya trik. Hal ini dapat membantu mereka menang pada saat kontes skate. Akan tetapi, tidak jarang skate digunakan sebagai alat transportasi. Hal ini sering dijumpai di luar negeri. Sedangkan di Indonesia sebaiknya jangan dulu dech. Karena infrastrukturnya kurang memadai...hehehe....

3. Berlatihlah bersama teman-teman anda, sebisa mungkin dengan ahli. Karena dengan begitu anda akan lebih termotivasi, bermain lebih asyik dan dapat menerima masukan dari skater lain. Selain itu juga bisa menambah persahabatan lho...

4. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain. Agar mengurangi resiko cedera dan lebih meningkatkan respon keseimbangan.

Khusus buat pemula sebaiknya bisa memulai dengan menjaga keseimbangan di papan skate. Cobalah berada di lantai yang licin. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan berdiri di papan skate. Usahakan anda tidak terpelanting atau papan skatenya lari (lho?). Kemudian coba variasikan kaki ke kanan depan dan kaki kiri ke belakang, lalu gantian.

Setelah anda bisa dengan tenang berdiri di atas skate, sekarang belajar cara berjalan dengan skate. Ada banyak gaya dalam hal ini, tentunya ada nama masing-masing untuk setiap gaya. Gaya yang paling mudah adalah kaki kanan diletakkan bagian deck depan skate, lalu kaki kiri mendorong. Coba gaya ini beberapa kali. Gaya ini cukup berat, apalagi gerakkan meluncurnya tidak begitu jauh.

Gaya meluncur yang sering dipakai skater kita adalah sebagai berikut. Kaki kiri berada di deck belakang. Lalu kaki kanan mendorong, dengan cepat dan tenang kaki kanan di letakkan di deck depan. Hal ini membuat skater anda meluncur lebih jauh. Wuihhh....Hanya saja membutuhkan latihan yang lebih...

BAGAIMANA CARA AGAR BISA MEMBELOK?
Ada dua cara:
1. Menikung: miringkan kaki depan kanan atau kiri, kaki belakang ditekan ke samping kanan atau kiri, diikuti dengan posisi tubuh condong 15 derajat searah belokan. Anda akan menikung sekitar 20 derajat. Hasilnya tergantung dari elastisitas bushing. Jangan sampai roda anda menyentuh deck skateboard. Karena bisa mengakibatkan anda jatuh tiba-tiba.

2. Belok: Sedikit angkat bagian depan skate dengan cara mengurangi gaya pada kaki depan dan menambah gaya tekan pada kaki belakang. Lalu belokkan papan skatenya.

Sekarang anda bisa meluncur dan berbelok dengan skateboard! ^_^ Selamat mencoba.