RAGAM CERITA

5 Juli 2011

Apa yang Dapat Dilakukan Setelah Gagal SNMPTN?

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau lebih dikenal dalam bahasa jawa dengan (Seleksi Nambah Mumet Pancene Tego Nemen) merupakan salah satu pintu masuk yang dapat dilalui calon mahasiswa. Biaya masuk SNMPTN tergolong sangat-sangat murah dibandingkan dengan jalur yang lain.

Namun apa yang terjadi kita gagal dalam SNMPTN?
Waduh,... serasa habis ditabrak bus jurusan Surabaya-Jogja.
Apalagi bobot soal SNMPTN memang luar biasa sulit. Sampai ada yang bilang, ini soal SNMPTN atau Penerimaan CPNS?
Ada yang mengeluh, menangis, menjerit, atau bahkan ada yang sampai pingsan, gara-gara namanya tidak tercantum di koran? Atau setelah melihat di website ada kata-kata yang dicetak tebal, diperbesar bertuliskan "TIDAK DITERIMA"!

Ga... usah alay deh, menyesal itu boleh, introspeksi diri itu wajib. Daripada energi kita habis akibat rasa menyesal tiada akhir mendingan coba tips berikut ini:

1. Berdo'a lebih khusyuk dan ditingkatkan. Siapa tahu ini merupakan teguran / cobaan dari Tuhan karena kita terlalu jauh meninggalkan-Nya.

2. Ikuti PMDK mandiri di Universitas. Bagi temen-temen yang ngebet pingin kuliah, silahkan ambil jalur yang satu ini meskipun biayanya sedikit mahal daripada SNMPTN.

3. Tetaplah pada cita-cita. Apabila jalur PMDK terlalu mahal, ambil kesempatan pada SNMPTN berikutnya! Perlu kesabaran dan keseriusan untuk mencapai kesuksesan di tahun mendatang.

4. Ikut bimbingan belajar. Apabila pada SNMPTN kemarin kita merasa kurang cukup dalam mengerjakan soal, tidak ada salahnya kalau kita mengikuti bimbingan belajar. Selain mengingat-ingat kembali materi SMA, kita juga bisa memperdalam teori bahkan menganalisa tipe-tipe soal SNMPTN.

5. Coba masuk sekolah kedinasan, misalnya STAN. Siapa tahu anda yang gagal bisa lebih berhasil. Jadikan kegagalan di SNMPTN sebuah cambuk yang mengantarkan anda pada kesuksesan.

6. Tingkatkan porsi waktu dan materi belajar. Karena pada SNMPTN berikutnya soal yang diujikan akan lebih sulit.

7. Apabila teman-teman merasa tidak cocok dengan dunia akademis, silahkan mencoba dunia wirausaha yang menantang. Asalkan teman-teman sudah memiliki modal biaya, keterampilan. dan pasar yang cukup. Bisa jadi kesuksesan anda di sini.

8. Bentuk les privat khusus kepada adik-adik kelas 3. Lumayan untuk membantu dan mengingat-ingat kembali materi SMA.

9. Kenali lebih dulu dunia unversitas. Hal ini bisa membantu anda lebih santai dan tenang dalam menghadapi kegagalan SNMPTN

Semoga sedikit tips diatas bisa bermanfaat, Sampai jumpa, keep fighting guys!!! ^_^
NB: kiriman ini atas saran mas Ferbiyan, thx