RAGAM CERITA

17 Juli 2011

Tips Masuk Lewat PMDK UNAIR dan Menyiapkan Persyaratan Pendaftaran (Dijamin Efektif)

Siapa yang ingin masuk Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya? Bagi Anda yang masuk lewat jalur SNMPTN tulis saya ucapkan selamat. Bagi yang masuk lewat jalur undangan, sepertinya UNAIR tidak pernah mengijinkan mahasiswanya masuk lewat tanpa ada tes. Karena pengalaman tahun sebelumnya UNAIR tidak mempercayai lagi terhadap otentifikasi hanya berdasarkan nilai rapor dan ijazah.

Bagi yang belum lolos pada SNMPTN Tulis jangan khawatir. Masih ada jalur PMDK. Sayangnya UNAIR tidak lagi membuka PMDK prestasi yang biayanya hampir sama dengan SNMPTN. UNAIR hanya membuka PMDK mandiri yang biayanya cukup terasa. Beberapa isu beredar di masyarakat, khususnya warga Surabaya tentang sistem PMDK. Ada yang mengatakan masih ada KKN di dalam tubuh UNAIR. Namun bagi Anda calon mahasiswa yang pandai, sebaiknya ikuti tips berikut ini:

1. Beberapa hal dasar yang perlu dilakukan pada saat pendaftaran adalah biasakan anda memakai pakaian berkerah, rapi, bersepatu. Selain itu hanya di UNAIR dilakukan foto beberapa kali, jadi penampilan anda perlu diperhatikan. Diantaranya pada saat registrasi awal, dan registrasi ulang. Tidak perlu memakai banyak aksesoris.

2. Persiapkan barang-barang di bawah ini:
a. Foto berwarna 3x4 (3 lembar)
b. Foto berwarna 4x6 (2 lembar)
c. Materai Rp. 6000 (3 atau 4 lembar)
d. Map Biru untuk IPA, Merah untuk IPS (Pada saat registrasi awal)
d. Fotokopi Ijazah yang telah legalisasi (4 lembar)
e. Fotokopi SKHU Sementara/ SKHU yang telah legalisasi (4 lembar)
f. Fotokopi Akta Kelahiran (2 lembar) |Pada saat registrasi ulang|
g. Kartu Peserta Ujian (Setelah registrasi awal)
h. Formulir dan surat pernyataan yang diunduh lewat situs resmi UNAIR.

Barang-barang diatas harus anda bawa. Jika tidak anda harus membeli di pedagang yang berjualan di dekat area pendaftaran dengan harga yang lumayan tinggi.

3. Biasanya jadwal padat (pendaftar membludak) pada hari-hari pertama dan 1 hari sebelum hari terakhir. Jadi jika Anda tidak ingin BERDESAK-DESAKAN dan antre terlalu lama, ambil saja selain hari tersebut.

4. Registrasi awal - di Aula Kampus B , dan Registrasi Ulang di Auditorium, kampus C.

5. Pada saat Anda untuk mengisi sumbangan, ISILAH DENGAN SUMBANGAN MINIMAL. Karena keberhasilan Anda masuk bukan karena besar kecilnya SUMBANGAN, TAPI KARENA KETERAMPILAN ANDA DALAM MENJAWAB TES. JADI JANGAN BUANG UANG ANDA.

6. Selalu update terus situs PMDK UNAIR, karena beberapa formulir dapat anda peroleh di sana.

Jadi itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan. Selamat mencoba dan semoga sukses!