RAGAM CERITA

8 Desember 2011

Akhirnya Hari Ini Kembali ke Kehidupan yang Normal

*terkadang foto dengan isinya pada sering ga nyambung.
Ya, pada tanggal ini sebuah sms datang ke nomorku dan isinya, “...mas, aku ndk ikut les bhs inggris lagi...”. Aku gak tau berita ini pertanda sebuah kegembiraan atau perjuangan yang harus aku sikapi. Namun ketika membaca sms ini aku malah teringat peristiwa sekitar 3 bulan yang lalu.

3 Bulan yang lalu,
Temanku, namanya Firdaus, mengirimkan sms dan menawarkan part time job (kerja paruh waktu) sebagai LBB. Dulu aku sempat mikir, emang ada kerjaan yang bisa di dapet anak semester 1? Kok kayaknya jarang banget. Kalo ada paling itu cuma bisa ngorek-ngorek upil. So, dengan sedikit keraguan aku menyetujui dan langsung pergi ke TKP pada hari yang bersejarah. Tepatnya pada hari Rabu, aku dan Firdaus udah sepakat ketemuan di terminal Bratang, Surabaya. Eh... berhubung ada rapat Himafi, aku datang terlambat sekitar jam 6. Padahal perjanjiannya datang waktu maghrib di rumah client.

Yah, bagaikan teman yang lama tak bertemu kami saling bertukar kabar di perjalanan. Kami pun langsung menuju ke rumah client. Namun sayangnya Firdaus ga tau persis dimana alamat sang client. Mungkin dia hanya mendengarkan petunjuk dari rumput yang bergoyang. So, jangan heran kalau kita ngabisin waktu berjam-jam buat nyari alamat client ini. Waktu nyari alamatnya pun kita sampe nyasar ke Bandara Juanda. Buseeett ini mau ketemuan ke luar negeri kayaknya!! Dengan susah payah, akhirnya kami berhenti di depan sebuah rumah di kawasan yang dimaksud Firdaus. Berhubung kita ga tau siapa client kita, selama beberapa waktu kami ngobrol-ngobrol kayak orang bingung. Lha pas ada penghuni rumah yang kayaknya mondar-mandir seperti mencari sesuatu, akhirnya kami bertanya dan menemukan rumah client kita persis di depan kami. Dan orang yang kami tanyai adalah anggota keluarga sang client. Namun perjalanan ga sampai di situ.

Setelah kami dipersilahkan masuk, aku sendiri jadi bingung dan yang paling membingungkan adalah....APA YANG MAU KITA LAKUKAN? Malam-malam datang ke rumah orang dan ga tau apa yang harus dilakukan merupakan kebodohan aneh yang sangat menular. Dengan segenap tenaga dan sedikit kreativitas kami berusaha menemukan titik merah dari semua ini. Dan pada malam itu hidup kami berubah menjadi guru les privat....Kami pun pulang dengan rute pendek yang dapat ditempuh 2/3 dari total perjalanan kami berangkat....

Masa-masa percobaan
Menjadi guru les ga bisa dibayangkan sebelumnya. Yang bisa aku lakuin selama mengajar adalah memberikan yang terbaik dan pengertian yang semudah mungkin. Kadang cuman bisa becerita atau sekedar memberikan tips. Tiap hari rabu malam selalu pergi maghrib pulang larut malam. Dan moment yang paling menyenangkan adalah....(ya...pasti tau sendiri kan)....mendengar client mengerti. Rasanya lega banget kalo apa yang diterangkan bisa dimengerti orang lain.
 
Bakso di tengah hujan
The Ending
Rasanya ilmu yang sudah dibagi sudah semuanya. Mungkin setiap orang terkadang membutuhkan waktu luarng untuk dinikmati. Termasuk client saya sendiri. Ya... pada hari ini merupakan awal dari kehidupan yang kembali normal. Disaat setiap rabu malam tidak perlu pergi lagi. Namun hidup normal terasa sangat hambar. Aku ingin mencari tantangan yang lebih baru lagi! Aku akan mempersiapkan buat SNMPTN 2012!