RAGAM CERITA

25 Juni 2009

Tips dan Trik Membuat Film dengan Windows Movie Maker Bagian I


Kali ini 3CHOOSE mau ngebahas tentang cara buat film ala-Windows Movie Maker (Biar ga’ kepanjangan disingkat WMM aja ya! :D ) ala D’encoolmu Studio. Sebelumnya program ini tergolong program yang udah cukup lama buat pengguna Windows. Ya… karena program WMM ini sudah satu paket dengan Windows layaknya Ms.Word. Namun program ini masih disepelekan oleh pengguna karena dinilai memiliki banyak kekurangan. Kalo dibilang kekurangan tak bisa dipungkiri hal tersebut benar-benar ada. Tapi kekurangan tersebut tergolong yang bisa diminimalisir. Lumayan lah untuk sebuah program dibandingkan dengan yang gratisan. Dengan trik ala D’endcoolmu studio semoga para pembaca bisa berkreasi membuat film ‘Indie’!
  1. Persiapkan Clip Video yang Akan Dipasang
Lucunya, ga’ semua film dibuat dengan niatan dari jauh-jauh hari. Misalnya sewaktu kita merekam kejadian atau panorama secara tidak sengaja kemudian disimpan di dalam komputer. File-file ini bisa dijadikan sumber kita dalam membuat film. Banyak lho jenis film yang bisa kita buat dari potongan-potongan film atau foto, kayak film dokumenter, eksperimen atau bahkan Funny. Asalkan masih terdapat kronolgi yang dapat menjadi satu kesatuan.
Agar file yang ada tidak hilang maka buatlah sebuah folder khusus di
salah satu sektor misalnya C: atau D:. Nantinya file ini akan digunakan secara terus menerus.
  1. Download Music dan Audio Clips Sebanyak-banyaknya
Untuk masalah yang satu ini memang tak bisa dilewatkan! Selain unsur visual, unsur audio juga memiliki peran yang sangat penting. Music ataupun sound efect dapat memperjelas sebuah adegan dan membuatnya semakin halus. Misalnya dimana suatu adegan mencapai titik ketegangan. Maka kita bisa menambahkan music ala Halloween atau film horor lainnya. Sehingga nantinya film yang kita buat memiliki nilai yang lebih. Tak sekedar memberikan visual.
  1. Download Font yang Menunjang
Tulisan di dalam film biasanya digunakan saat membuat judul film. Agar judul yang anda buat memiliki karakteristik tersendiri download saja font-font yang ada di internet. Jumlah jutaan. Jadi ga usah takut kehabisan. Tulisan juga bisa digunakan saat membuat subtitile. Ya… hal yang disepelekan tetapi berdampak besar. Subtitle atau teks yang biasanya digunakan di film-film sebagai terjemahan dapat membantu pemirsa dalam memahami sebuah film. Apalagi dengan adanya subtitle penonton akan terbantu ketika menemui kendala tidak tersedianya komponen audio. Jadi adegan percakapan bisa ditulis dengan subtitle
  1. Download Animasi dan Efek gratis dari Internet
Untuk membuat film dengan kualitas box office, diperlukan efek atau transisi yang mendukung. Akan tetapi pada movie maker hanya tersedia beberapa efek dan transisi yang mungkin mudah membuat pemirsa bosan. Untuk mendapatkan tambahan transisi silahkan saja download sebanyak-banyaknya di internet. Tepatnya di website Pixelan. Software ini sudah terkenal sejak dulu jadi kualitasnya tidak diragukan. Apabila anda menggunakan free user maka anda mungkin memiliki sedikit kendala saat memakainya. Salah satunya muncul tanda cross ketika film mulai diputar. Hal ini bisa disiasati hnya dengan menggunakan efek tambahan dari pixelan pada file-file tertentu.