16 Mei 2016

Tips Masuk Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS), Pendidikan Dokter.

Hello World!
Assalamualaikum,

Gimana kabar adek2 yang baru lulus dari SMA kemarin? Sehat? Masih semangat?
Hahahah... Kalian apakah mau melanjutkan sekolah atau berwirausaha?
Jangan takut ya untuk memilih antara sekolah atau berwirausaha... Karena kedua-duanya sama-sama sekolah kok. Apalagi sekarang kan eranya internet, Jadi akses ilmu pengetahuan sangat terbuka asalkan kalian mau belajar.

Di setiap masa pendaftaran masuk perguruan tinggi, fakultas kedokteran masih menjadi jurusan favorit. Entah itu karena alasan orang tua atau diri kalian sendiri yang ingin menjadi dokter. Tapi ingat sebelum masuk pastikan lagi hal itu keinginan kalian ya. Karena nanti setelah orang tua tiada kalian sendiri yang akan menjalani kehidupan kalian. Gak bisa menyalahkan orang tua kan... hahaha...

OK, kali ini saya akan membahas bagaimana cara masuk ke Fakultas Kedokteran UNS (Universitas Sebelas Maret), khususnya jurusan Pendidikan Dokter. Tau ga, bahwa diantara jurusan kedokteran lain seluruh Indonesia, UNS menempati peringkat kedua dalam hal peminat terbanyak setelah UI.


Di atas adalah foto dari surat kabar KOMPAS yang menganalisis bahwa sebenarnya pendidikan dokter itu mahal. Jika negeri lumayan mahal. Swasta mahalnya semakin minta ampun. Namun hal itu sejajar dengan tingkat persaingan peminatnya. UNS memang jauh dari kata murah dibandingkan dengan sebelum sistem UKT dulu. UNS masih memiliki sisa daya tarik sebagai kampus yang murah dan biaya hidup yang murah. Namun disayangkan infrastruktur FK UNS ya bisa bikin minder dibandingkan dengan FK lain apalagi FK swasta. 

JADI TIPS KALI INI UNTUK BISA MASUK FK UNS
  1. Kenali bahwa kalian bersaing dengan hampir 7000-an mahasiswa. Persaingan ketat bro, jadi harus siap-siap menerima segala konsekuensi.
  2. Prestasi kakak tingkat sangat berpengaruh terhadap hasil SNMPTN
  3. SBMPTN : Kalian harus belajar mati-matian dan gila-gilaan untuk bisa masuk sini. Ingat jatah masuk totalnya cuma 240 orang di tiap angkatan. Kira dari SBMPTN biasanya cuma 80-100 Mahasiswa.
  4. Mandiri : Persiapkan duit dan jangan lupa ilmu...sekaya apapun bapak mu kalo ga pinter yang ga ketrima.
  5. Jangan takut dengan biaya yang mahal, karena banyak cara untuk mendapatkan keringanan pembayaran (penundaan lo ya... bukan pengurangan) bisa minta bantuan teman-teman BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).
  6. Kalo kalian mau....dan kalian bener bener mau....kalian pasti dapet....!!! Semangat!
Ok, itu aja tips buat kali ini, semoga bermanfaat.

8 komentar:

Pembaca yang budiman selamat datang di layanan komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda setelah nada berikut.

#Tuuttttt...

Jika tidak punya akun Blogger, silahkan Anda menggunakan URL facebook atau lainnya melalui Anonymous User.
Komentar anda adalah motivasi kami untuk maju. Yeah!