13 Mei 2016

Pasang HSF (Heatsink Fan) Cooler Master Hyper 212 EVO TURBO di Casing Dazumba D-VITO 901

Assalamualaikum,
Hello world!

Ceritanya PC saya sudah terlalu lama memakai kipas pendingin prosesor stock. Alasannya klasik, yaitu karena keterbatasan dana. Akibatnya saat melakukan tugas-tugas berat di PC timbulah hawa panas di dalam kamar. Apalagi temperature dari CPU sering melonjak seperti orang demo minta upah. CPU yang saat ini saya gunakan adalah AMD FX-6350 seri unlocked. Jelas sekali penggunaan selama ini kurang maksimal karena kemampuan core speednya yang tertulis 3,7 GHz sebenarnya mampu mencapai 4,2 GHz minimal. Alasan klasik saya memilih prosesor ini adalah karena harganya terjangkau sehingga antara price/performance index nya tinggi dibanding produk intel.

Saya tetapkan pilihan saya pada pendingin Cooler Master series Hyper 212. Sebenarnya saya pengen dapetin yang seri 212x yang ternyata harganya masih sangat mahal yaitu 600 ribuan. Seri sebelumnya adalah Cooler Master Hyper  212 EVO TURBO. Seri lama ini gak jauh berbeda dari segi performa dibandingkan adiknya. Bedanya adalah bentuk fin alumunium dan tersedianya alur V-SHAPED sehingga lebih cepat menghantarkan panas (katanya). Akhirnya saya menemukan Hyper 212 EVO TURBO bekas dari sebuah e-commerce. Harganya cukup reasonable sebesar 450 ribu dengan pasta heatsink yang masih banyak.

Problem lain muncul ketika saya menggunakan casing Dazumba D-VITO 901. Saya pada awalnya khawatir apakah HSF saya bisa masuk dan casing samping bisa saya tutup. Tinggi HSF tersebut sendiri mencapai 156 cm. Jelas angka yang tidak kecil bagi pendingin prosesor. Kemudian saya cari tau di berbagai forum dan ternyata casing ini mampu menampung HSF tinggi ini.


Barang saya beli dan terima. Saya pasang HSF nya ke dalam casing dan pas banget. Pasang HSF tidak perlu mencopot mobo dari casing.

 Sebelum diganti, HSF standar yang suaranya mirip jet

 Prosesor dengan sisa thermal paste

 Bersihin prosesor dengan alkohol dari sisa-sisa dosa dunia

 This is 24-Carat Gold

 Pasang dudukan dulu euy!

 Si big boy udah kepasang

 Penampakan double fan, hisap keluar.

Aksi sewaktu nyala

6 komentar:

Pembaca yang budiman selamat datang di layanan komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda setelah nada berikut.

#Tuuttttt...

Jika tidak punya akun Blogger, silahkan Anda menggunakan URL facebook atau lainnya melalui Anonymous User.
Komentar anda adalah motivasi kami untuk maju. Yeah!