RAGAM CERITA

30 November 2008

Menambah Aplikasi Game Di Website

Sebuah situs saat ini merupakan bentuk lain dari rumah kita. Di sana kita dapat
mencurahkan segala apa yang kita pikirkan. Sebuah site (situs) mungkin terlihat menarik apabila terdapat fitu-fitur yang menghibur. Contohnya, animasi atau bahkan game interaktif. Pada saat ini sudah banyak ditemukan situs penyedia jasa diatas, terutama yang gratis. Contohnya www.freegamesforyourwebsite.com atau www.gamegecko.com yang menyediakan banyak game, dan masih banyak lagi. Beberapa situs juga menyediakan game yang dapat dimainkan multiplayer (banyak orang). Game ini akan jadi seru apabila antara pengunjung situs bisa saling bertemu dan berinteraksi.
Situs tersebut menwarkan aplikasinya dalam bentuk flash. Jadi perlu menginstall flash player.9 (minimal) untuk dapat menikmati. Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih game untuk situs. Diantaranya adalah besar kecilnya file game. Besar kecilnya file akan berpengaruh terhadap waktu yang diperlukan untuk mendownload. Bayangngkan apabila situs anda terbebani dengan file game yang besar. Situs anda mungkin akan jarang dikunjungi karena proses membuka situs yang lama akan membuat visitor (pengunjung) jenuh menunggu. Jadi jangan sampai hal itu terjadi. Gunakan aplikasi game hanya sebagai tambahan/ hiasan dan lihat terlebih dahulu ukuran file game. Biasanya untuk ukuran situs cocoknya berukuran 1 Mb ke bawah. Atau ukuran yang paling bagus sekitar 500 KB. Jika kita memilih ukuran tersebut, aplikasi akan terbuka setidaknya dalam waktu -+ 2 menit-an.
Apabila ada niat untuk menggunakan game sebagai isi utama situs ada alternatif yang dapat dilakukan. Yaitu dengan cara meminimalkan tulisan, atau gambar lain dan menggantinya dengan game dengan ukuran yang cukup besar. Bisa Khan?