RAGAM CERITA

25 Oktober 2008

Wi-Fi Hotspot di Sekolah?

SMA Taruna saat ini(2008) memiliki fasilitas browsing gratis dengan menggunakan fasilitas Wi-fi (Wireless .....). Upaya tersebut merupakan salah satu upaya mengenalkan siswa pada dunia Internet. Tidak heran bahwasannya saat ini internet bukanlah sesuatu yang asing di telinga kita.
Pada saat tahun pertama saya melihat di atas gedung sekolah berdiri tegak sebuah antene yang cukup besar. Mulanya saya pun ikut bertanya-tanya antene apakah itu? Kalau sebuah antene TV itu pun tidak mungkin. Karena saya tau betul bagaimana bentuk antene TV pada umumnya. Setelah telusur sana telusur sini ternyata wahh... sebuah antene Wi-Fi. Bisa dikatakan sekolah kita dapat digunakan untuk mengakses Internet secara cuma-cuma. But... ada aturan mainnnya. Setiap anak yang ingin memakai fasilitas Wi-fi harus melapor kepada administrator. Pasalnya untuk menghindari kunjungan situs-situs terlarang. Wah bisa gawat kalo ga' dipantau, bisa-bisa betah di sekolah sampai malam :).

Antene Wi-Fi yang dipasang mencapai radius 4km. Hal ini sangat menguntungkan bagi siswa-siswi taruna berdomisili di sekitar taruna. Karena mereka tidak perlu jauh-jauh untuk mengakses informasi.Untuk dapat mengakses internet di sekolah Taruna Dra.Zulaeha siswa memerlukan sebuah laptop + wi-fi adapter. Sebagian murid kadang terlihat berinternet ria setelah pulang sekolah.Dengan fasilitas ini diharapkan personil sekolah Taruna dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan bijak.