RAGAM CERITA

21 Juli 2011

PAKAIAN LED,BAJU , CELANA, JAKET BERSINAR DAN BERCAHAYA

Saat ini model pakaian banyak macamnya. Dengan paduan kreasi dan unsur seni mampu tercipta gaya berpakaian yang up-to-date. Kali 3choose mencoba membahas kombinasi pakaian yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi.

Mungkin Anda pernah melihat tayangan "STEP UP 3D". Dimana pada suatu momen sang penari mengenakan pakaian (jaket) yang bisa menyala terang. Ya, jaket yang mengeluarkan cahaya tersebut merupakan jaket dengan kombinasi lampu LED.

Apakah LED itu? LED adalah sebuah perangkat elktronik termasuk ke dalam dioda (penyearah) yang menghasilkan cahaya berdasarkan prinsip p-n. Penggunaan lampu LED saat ini meningkat. Hal ini karena banyak keuntungan-keuntungan yang bisa kita dapat dengan lampu LED. Hingga saat ini produsen televisi pun gencar-gencarnya mengembangkan teknologi LED.

Kembali ke topik awal, berbagai pakaian pun bisa kita berikan sentuhan teknologi ini. Pakaian LED mungkin menjadi mode tren terbaru. Baju, celana, jaket, helm, sepatu bisa kita perbarui dengan sentuhan LED. Sehingga dengan memadukan teknologi ini Anda akan menjadi pusat perhatian. Pakaian LED sangat cocok untuk dipakai saat momen istimewa ataupun sekedar berpergian ke Mall. Namun, pakaian tetap memegang peran pokoknya sebagai pakaian, yaitu sebagai penutup badan, pelindung yang tetap nyaman dipakai.

Kombinasi desain yang digunakan pun tidak terbatas. LED bisa diberi sirkuit (IC) dan komponen lain sehingga membentuk pola warna tertentu. Bahkan pakaian LED bisa Anda buat bercahaya sesuai irama musik. Tentunya diperlukan inovasi dan daya kreasi.

Barangkali muncul pertanyaan di benak Anda,"Apakah pakaian yang diberi LED bisa dicuci?"

Tentu jawabannya bisa. Karena lampu LED tahan terhadap air. Tentunya desain baju juga menentukan apakah komponen lektronik yang terpasang di dalamnya dapat dicuci dengan aman. Namun yang harus dipastikan, saat mencuci pakaian atau jaket LED tidak perlu direndam terlalu lama atau digosok kuat. Cukup dengan dibilas dan sedikit dikucek lalu dikeringkan. Untuk komponen seperti baterai dan PCB, harus dilepas terlebih dahulu.

Pakaian ini pada awalnya dikhusukan untuk acara indoor. Supaya mengurangi resiko terkena air hujan pada saat pemakaian. Namun apabila kita ingin membuat pakaian (kaos, jaket, celana) LED yang bisa dipakai di luar ruangan, maka desain letak dan komponen tambahan LED harus diperhatikan. Khususnya pada baterai dan PCB. Untuk mencegah kontak dengan air, komponen-komponen tersebut dapat dilapisi dengan fiberglass atau karet khusus.